Rabu, 06 November 2013

Tugas minggu ke 6 dan 8

Nama Kelompok : 
1. Waskito Hadi Saputro
2. Fanny Dwi Risanti
3. Maimanah 

Kelas : 1EB22

1. Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran?
JAWAB : 
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barangatau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

2. Berikan contoh masing – masing 5 untuk :
· Jenis pasar industry
· Pasar penjualan
JAWAB :
Pasar industry adalah pasar yang pembelinya individu, lebaga atau organisasi, meereka membeli barang untuk dipakai sendiri baik langsung maupun tidak langsunguntuk digunakan memproduksi barang lain yang kemudian dijual ke konsuen, itu biasanya memperjual belikan barang – barang yang berhubungan dengan industry, contohnya :
─ Pengusaha furniture
─ Pengusaha karet
─ Pengusaha percetakan
─ Pengusaha tembakau
─ Pengusaha kayu

Pasar penjual adalah pasar yang terdirin atas individu, lembaga atau organisasi membeli barang – barang lalu dijual lagi semata – mata untuk mencari laba, contohnya :
─ Mini market
─ Toko sembako
─ Toko cake/ kue
─ Usaha catering
─ Grosir baju/pakaian

3. Jelaskan dengan 1contoh barang/jasa universal bagaimana memasarkannya (berdasarkan 4P)?
JAWAB :
Contoh barangnya ialah peralatan rumah tangga seperti kitchen set atau produk tupperware.
Memasarkan berdasarkan 4P yakni (product, price, promotion, place ) 
─ Berdasarkan product :
Artinya barang tersebut harus bisa memikat para konsumen agar tertarik untuk membelinya dan pastinya harus berkualitas bahkan produk barang tersebut akan lebih mudah terjual apabila memiliki brand ternama dan sudah terkenal.
─ Berdasarkan price :
Artinya produk barang yang ditawarkan kepada konsumen janganlah memasang harga yang tinggi karena itu akan mengurangi rasa ketertarikan konsumen untuk membeli barang tersebut, tetapi berikan harga yang memang sudah sesuai standart produk barang tersebut.
─ Berdasarkan promotion :
Artinya untuk meningkatkan produk penjualan, harus diimbangi dengan promosi secara luas agar masyarakat itu mengetahui produk yang kita jual, bahkan produk tersebut bisa menjadi terkenal, atau bisa sekalian untuk jasa sebagai member buat memproosikan produk tersebut.
─ Berdasarkan place :
Artinya produk tersebut baiknya dipasarkan sesuai tempatnya seperti dilakukan penawaran ke rumah – rumah/ ibu rumah tangga. Atau bisa juga on line.

4. Sebutkan dan jelaskan 4 variabel bauran promosi?
JAWAB : 
1. Advertising (periklanan)
Periklanan (advertising) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa.
2. Personal Selling (penjualan)
Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
3. Publisitas (publikasi)
Publisitas adalah suatu bentuk penyajian usaha untuk meningkatkan permintaan dari suatu produk secara non personal dengan membuat berita yang bersifat komersial tentang produk perusahaan yang bersangkutan.
4. Sales Promotion (Promosi Penjualan)
Sales promotion atau yang sering disebut promosi penjualan dalam bahasa 
Indonesia, biasanya digunakan perusahaan produksi barang atau jasa untuk 
menambah nilai suatu produk tersebut, yang gunanya untuk menarik 
konsumen untuk membeli atau memakai produk atau jasa tersebut.

5. Sebutkan beberapa alternative sistem pemasaran?
JAWAB :
a. Memaksimalkan konsumsi
b. Memaksimalkan kepuasan konsumen
c. Memaksimalkan pilihan
d. Memaksimalkan kualitas hidup



















SOFT SKILL MINGGU 8


1. Apa yang dimaksud nilai waktu uang?
JAWAB :
Nilai waktu uang adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.

2. Apa arti bunga jika seseorang menabung sejumlah dana di bank?
JAWAB :
Bunga adalah  imbal jasa atas pinjaman uang. Imbal jasa ini merupakan suatu kompensasi kepada pemberi pinjaman atas manfaat kedepan dari uang pinjaman tersebut apabila diinvestasikan. Jumlah pinjaman tersbut disebut "pokok utang" (principal). Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai imbal jasa ( bunga ) dalam suatu periode tertentu disebut "suku bunga”.

3. Apa yang dimaksud nilai waktu uang yang akan datang/ future value?
JAWAB :
Future value (nilai akan datang) adalah nilai uang di masa yang akan datang dengan tingkat bunga tertentu.

4. Buatlah soal untuk menaplikasikan soal no.3 dengan suatu kasus?
JAWAB :
Pada tanggal 2 Januari 2000, Agung menabung uangnya ke Bank Mandiri sebesar Rp. 2.000.000, dengan tingkat bunga sebesar 12% pertahun.

Hitung nilai tabungan Agung pada tanggal 2 Januari 2002, dengan asumsi :
─ Bunga dimajemukkan setahun sekali
FV = Rp. 2.000.000  (1 + 0,12)2    = Rp. 2.508.800

─ Bunga dimajemukkan sebulan sekali
FV = Rp. 2.000.000  (1 + 0,12/12)12(2)    = Rp. 2.539.470

─ Bunga dimajemukkan setiap hari
FV = Rp. 2.000.000  (1 + 0,12/360)360(2)   = Rp. 2.542.397


5. Apa arti nilai tunai anuitas & biasa digunakan untuk usaha di bidang apa?
Anuitas adalah jumlah pembayaran periodik yang tetap besarnya dan di dalamnya sudah terhitung pelunasan  hutang dan bunganya 
Contoh bidang usaha: 
─ Asuransi
─ Leasing 
─ Keuangan
─ Perbankan


0 komentar:

Posting Komentar

my studies © 2008 Template by:
SkinCorner