Minggu, 06 Oktober 2013

tugas kelompok pengantar bisnis

Nama Kelompok :  1. Waskito Hadi 
2. Fanny Dwi Risanti
                                  3. Maimanah
Kelas : 1EB22
 Pengantar Bisnis

MINGGU 1
1. Jelaskan apa yang dimaksud bisnis menurut kelompok anda dan berikan 20 contoh bisnis nyata (universal) ? 

JAWAB :
Bisnis merupakan suatu kegiatan yang melibatkan jual – beli yang menghasilkan LABA, banyak sekali orang – orang beralih profesi dari karyawan menjadi pembisnis karena bisa mendapat keuntungan yang besar, namun persaingan yang ketat membuat para pembisnis haruslah kreatif untuk menarik hati konsumen, tak jarang para pembisnis didalam bisnisnya kacau balau/ bangkrut dalam bisnisnya yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor keuangan, faktor human/manusia dan lain lain, maka dari itu didalam bisnis kita harus pandai memilah milah dan membuat perencanaan serta penanggulangan agar hal hal yang tidak diinginkan bisa cepat di cegah bahkan solusi untuk memajukan bisnis yang kita geluti.
CONTOH  :
1. bisnis makanan
2. bisnis jual beli on line
3. bisnis furniture
4. bisnis otomotif
5. bisnis penyaluran jasa
6. bisnis bank harian
7. bisnis accessories
8. bisnis cathering
9. bisnis elektronik
10. bisnis restaurant
11. bisnis resort
12. bisnis taman wisata
13. bisnis travel
14. bisnis depo
15. bisnis cake shop
16. bisnis alat alat rumah tangga
17. bisnis percetakan
18. bisnis simpan pinjam
19. bisnis fashion
20. bisnis pengiriman dan logistic
21. 
2. Berikan alasan mengapa orang orang belajar bisni dan jelaskan masing – masing alasan tersebut ? 
JAWAB :
· untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana caranya bisnis yang baik dan benar 
ALASAN : karena dengan adanya belajar yang bisa dibilang termasuk ke dalam teori kita jadi lebih mengetahui dan mempunyai bayangan sebelum terjun langsung kedalam praktik yang sebenarnya seperti membuat usaha yang bisa disebut juga dengan bisnis.
· Untuk menyiapkan modal jika akan beralih ke profesi merambah dunia bisnis
ALASAN : karena realitanya orang orang yang sekarang sudah bekerja misalnya sebagai salah satu karyawan perusahaan. Dirinya ingin mengembangkan diri tidak hanya sebagai karyawan tetapi ingin mencoba untuk jadi pemimpin suatu usaha bisa dikatakan berbisnis membuka usaha sendiri maka dari itu butuh perbekalan tentang bisnis yang kuat  untuk menghadapi dunia bisnis yang sangat pesat ini.
3. Jelaskan dengan 1 contoh nyata (Universal) mengenai haikat bisnis ?
JAWAB :
Contoh nyatanya ialah seperti  para ibu rumah tangga yang semakin kesini semakin canggih peralatan dapur mereka sudah mamakai peralatan yang berbasis elektro/listrik seperti untuk memotong sampai menghancurkan makanan ini banyak sekali macamnya dan berlomba lomba yang tercepat untuk menyelesaikan hal seperti itu, maka dari itu alat seperti itu menunjang kebutuhan manusia untuk mempercepat pekerjaan, apalagi dengan ibu rumah tangga yang menjabat juga sebagai wanita karir. Hal ini membuat sector bisnis melihat peluang apakah yang di butuhkan oleh ibu rumah tangga untuk menciptakan hal baru yang dibutuhkan tersebut, guna menarik simpatik masyarakat dan menjadikanya sebagai kebutuhan juga menjadikan sector bisnis tersebut meraup untung yang besar karena meciptakan suatu hal atau alat yang bisa menjadi  sebuah  kebutuhan. Disinilah yang dimaksud oleh hakikat bisnis itu sendiri yaitu melihat peluang kebutuhan lalu dijadikan suatu kebutuhan itu menjadi suatu keuntungan dari bisnis tersebut.
4. Sebutkan apa saja faktor lingkungan internal dan eksternal berikan alasan? JAWAB :
 Faktor internal :
· Pesaing
· Pelanggan
· Regulasi
· Pegawai
· Dewan direksi
Karna faktor lingkungan internal akan mencakup analisis mengenai sumberdaya dan berperan penting dalam berlangsungnya kegiatan perusahaan dan kompetensi yang dimiliki oleh perusahaan..
 Faktor eksternal :
· Politik
· Hukum
· Ekonomi
· Sosial budaya
· Internasional
 Karna faktor eksternal menjadi faktor strategis perusahaan kemudian dikategorikan sebagai  peluang dan ancaman untuk dimasukkan ke perumusan strategi.
MINGGU 2
1. jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi?
JAWAB :
Ø Modal 
 - Modal usaha dalam perusahaan
 A. Pengertian modal :
Physical oriented  -> Modal merupakan hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi barang lebih lanjut.
Non-physical oriented  -> Daya beli atau kekuasaan menggunakan barang modal
 Pengertian modal menurut beberapa penulis :
a. Lutge modal adalah dalam artian uang
b.  Schwiedland  modal meliputi baik modal dlm bentuk uang maupuan dalam bentuk barang.
c. A. Amonn, J. von Komorzynsk modal sbg kekuasaan menggunakan yg diharapkan atas barang    modal yg belum digunakan.
d.  J.B. Clark pengertian modal ada 2 yakni:a.Modal Abstrak(capital) relatif tetap. Modal Kongkret relatif berganti-ganti.
e. Menurut. Fisher :
Modal Abstrak (capital value) relatif permanen
Modal Kongkret (capital goods) mengalam perubahan
f. Prof. Meiji Modal adalah kolektivitas barang modal yg terdpt dlm neraca sebelah debit.
 Tenaga Kerja adalah seluruh penduduk dalam usia kerja (berusia 15 tahun)  Yang memproduksi barang dan jasa.
 Ada nya gagasan ideologi serta mencakup dari sumber metode metode yang ada.
2. Berilah masing – masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/ tempat ?
JAWAB :
· lokasi yang terikat pada alam
· lokasi berdasarkan pada sejarah
· lokasi berdasarkan pemerintah
· lokasi berdasarkan hubungan internasional
· lokasi yang di pengaruhi faktor produksi
3. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan? 
       JAWAB : 
Tujuan perusahaan adalah :
· Ingin menjadikan perusahaan yang dia pimpin menjadi maju
Karena jika suatu perusahaan itu maju, otomatis itu akan mendorong sector bisnis seperti jual beli yang menguntungkan.
· Menjadikan perusahaan itu menjadi perusahaan yang memiliki nama besar dan kualitas bagus  juga terkenal.
Karena jika suatu perusahaan itu sudah ter cap dengan hal seperti itu maka konsumen pun akan mudah tertarik pada suatu barang yang diproduksi oleh perusahaan itu serta menaikan laba perusahaan itu sendiri.
· Menjadikan perusahaan tersebut menjadi nomer satu serta mengalahkan para pesaing nya yang mempunyai sector industry yang sama
Karena jika suatu perusahaan telah mencapai tempat nomer satu dalam bidang industry yang sama maka perusahaan tersebut tergolong perusahaan yang sukses dan dia pun otomatis terkenal dan banyak orang mamakai produk atau jasa nya yang dihasilkan oleh perusahaan itu dan bisa jadi tidak usah menyebarkan iklan besar besaran, sebab konsumen justru mencarinya bahkan bisa menyebarluaskan ke antara sesama konsumen lain.
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan? 
          JAWAB :
· Faktor internal adalah sesuatu lingkungan yang berada di dalam organisasi dan berpengaruh secara langsung dan khusus pada perusahaan, atau segala sesuatu yang berada di dalam organisasi dan berpengaruh secara langsung.karna faktor internal berperan penting dalam berlangsungnya kegiatan perusahaan,dari mulai pemilik,seperti dewan direksi sampai  ke pegawai semuanya memegang peranan penting dan saling mempengaruhi.
· Faktor eksternal adalah sesuatu lingkungan yang berada di luar organisasi dan berpengaruh secara tidak langsung dan terlepas dari operasi perusahaan, atau  segala sesuatu yang berada di luar organisasi dan berpengaruh secara tidak langsung.karna faktor eksternal menjadi faktor strategis perusahaan kemudian dikategorikan sebagai  peluang dan ancaman untuk dimasukkan ke perumusan strategi.

5. Aplikasikan setiap variabel ingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahaan?
JAWAB : 
· Ekologi : adanya pencemaran udara, air dan sampah
· Ekonomi : adanya sistem urbanisasi 
· Sosial : banyak nya kriminalitas  serta pengangguran
· Hukum : adanya keputusan dan transaksi dalam perusahaan
6. Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach?
JAWAB :
· Producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
· Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.

0 komentar:

Posting Komentar

my studies © 2008 Template by:
SkinCorner